Sabtu, 22 Februari 2014

Asal-Usul Penyebaran Buah Pepaya

Asal-Usul Penyebaran Buah Pepaya

 

 

Buah pepaya sudah diperkenalkan di Indonesia sejak awal masa penjajahan Belanda, karena itu mungkin tidak banyak yang tau jika buah ini aslinya berasal dari Meksiko (bagian selatan dan utara). Nama 'pepaya' sendiri merupakan adaptasi dari bahasa Belanda yang menyebut buah ini dengan sebutan 'papaja'. Di daerah asalnya, buah ini diberi nama 'papaya' (berasal dari bahasa arawak). Masyarakat jawa menyebut buah ini dengan sebutan 'kates', sedangkan masyarakat sunda dan bali menyebutnya 'gedang'.
Saat ini buah pepaya sudah menyebar hampir ke seluruh dunia, dan dibudidayakan terutama pada daerah-daerah yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia. Dengan majunya ilmu pertanian moderen, saat ini terdapat banyak jenis buah pepaya yang dikenal. Semuanya dikembangkan berdasarkan kegunaan dan selera dari konsumen. Dua jenis buah pepaya yang paling dikenal adalah pepaya bangkok (bentuknya buahnya besar dengan rasa daging buah yang manis dan berair) dan pepaya solo F1 (bentuk buahnya kecil-kecil dengan daging buah yang lebih renyah).
Pohon pepaya biasanya tidak bercabang dan bisa mencapai tinggi hingga 10 meter. Terdiri dari tiga jenis kelamin yaitu pepaya jantan / pepaya gantung (tidak berbuah, bunga tumbuh memanjang dan sering dijadikan obat), pepaya betina (buahnya agak bulat), dan pepaya banci (buahnya besar dan agak lonjong). Para petani di Indonesia lebih senang membudidayakan pepaya banci karena ukuran buah yang lebih besar dan buah yang lebih banyak.


Sumber : Hendra Wibowo

1 komentar:

  1. ` Kami tantang para semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    PIN BB : D61E3506
    👉 Whatsapp : +85598249684
    👉 L ine : Sinidomino
    dewa poker

    BalasHapus