Jumat, 14 Februari 2014

Masjid Agung Al-Karomah, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.



Masjid Agung Al-Karomah, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.





Masjid Agung Al-Karomah, Kota Martapura


Martapura merupakan sebuah ibu kota kabupaten banjar yang berada di provinsi Kalimantan Selatan. Martapura merupakan sebuah kota yang sangat terkenal baik dalam negeri maupun luar negeri.
Masjid Agung Al-Karomah Martapura ini terbesar di Kalimantan Selatan, dan merupakan pusat daqwah islam. Arsitektur Masjid Agung Al-Karomah Martapura yang menelan biaya Rp.27 Miliyar pada rehab terakhir sekitar 2004. Arsitektur masjidnya bergaya masjid-masjid di  arab, karena kebanyakan masayarakat-masyarakat Martapura kebanyakan keturunan Arab.

 Seputar mitos Tiang Keramat, Masjid Agung Al Karomah Martapura, Kalimantan Selatan. Yang terdapat di dalam Masjid.


Tiang Keramat

   Bagaimana jadinya jika dengan memeluk tiang-tiang di dalam sebuah masjid akan membuat kita bias naik haji? Pada zaman dahulu sekitar tahun 1280  Hijriyah atau 1863 Masehi. Seorang ulama kalsel bernama Datuk Landak ditugaskan oleh Sultan Kerajaan Banjar untuk mencari Tiang yang terbuat dari kayu ulin sebagai sokoguru masjid, 
    Buah Konon, di daerah Barito Kalteng. Beliau akhirnya menemukan empat buah pohon kayu ulin yang tinggindan besar. Menurut cerita, beliau lalu mencabut keempat pohon tersebut dengan tangan sendiri  dan membawanya kepinggir sungai Barito untuk dilarutkan sampai ke Martapura. Kata sebagian hikayat yang dilalui kayu itu daerah yang banyak intanya,,

  Nah, keempat kayu ulin itu masih bias kita jumpai berdiri kokoh didalam Majid Agung Al Karomah, pertama kali didirikan Datu Landak hanya menepuk  tanah dan dengan sendirinya tiang-tiang itu berdiri dengan tegak.
  Entah karena Karomah Datuk Landak, yang merupakan keturunan Datu Kelampayan, keempat tiang-tiang itu selalu dilingkari bunga melati setiap hari. Dan muncul kepercayaan sebagaian Masyarakat jika kita biasa memeluk keempat tiang ulin itu kita biasa mendapat rezeki untuk berhaji.


Masjid ini memiliki kubah yang unik dengan warna-warni dipuncaknya, dan dilengkapi dengan 1 menara tinggi dengan arsitektur yang unik.

Menara


Dan jika anda menyempati singgah di Martapura untuk mencari intannya, sebaiknya anda juga menyinggahi Masjid ini untuk menunaikan shalat 5 waktu anda, sayang untuk melewati nyamannya masjid ini.






Sumber : SumutPos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar